Iklan Bos Aca Header Detail

BPNT Berubah Jadi BSST, Launching di Kecamatan Sumberejo

BPNT Berubah Jadi BSST, Launching di Kecamatan Sumberejo

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Sosial (Dissos) Tanggamus menyatakan mulai tahun ini bantuan pangan non tunai (BPNT) tidak lagi diberikan dalam bentuk barang. Namun berubah menjadi uang tunai.

Kepala Dissos Tanggamus Zulfadli mengatakan, BPNT yang tadinya disalurkan melalui e-Warung, tahun ini disalurkan melalui kantor Pos.

\"Untuk nama bantuannya juga berubah dari BPNT menjadi bantuan sosial sembako tunai (BSST). Di Tanggamus launching-nya, besok (Rabu, 23/2) di GSG Kecamatan Sumberejo. Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Dewi Handajani,\" kata Zulfadli, Selasa (22/2).

Zulfadli menjelaskannya, berdasar instruksi pemerintah pusat, BSST memang harus segera dicairkan kepada yang berhak.

Hal ini ditegaskan dalam surat Kementerian Sosial (Kemensos) dengan Nomor 592-16/ BS.01/2/2022 tentang Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Sembako/BPNT.

\"Jadi untuk Januari-Maret 2022, yang dicairkan Februari ini serentak diseluruh kantor Pos. Adapun besarannya setiap keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp200 ribu per bulan dikali tiga sehingga satu KPM mendapat bantuan Rp600 ribu untuk tiga bulan\" terangnya.

Masih kata Zulfadli, mekanisme pencairan BSST sama halnya dengan bantuan sosial tunai (BST) beberapa waktu lalu. Kantor Pos akan memberikan undangan kepada KPM. Dalam undangan tertera jadwal pengambilan. Hal ini untuk meminimalisir kerumunan.

\"Dissos dalam hal ini bersama Uspika masing-masing kecamatan akan melakukan monitoring agar penyaluran bantuan dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kerumunan,\" pungkas Zulfadli. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: